Kamis, 12 September 2013

EXAM IS OVER of GITA GUTAWA


  • EXAM IS OVER

  • Setelah kurang lebih tiga minggu saya di-”beban”-kan dengan tujuh mata pelajaran, akhirnya… ujian saya selesai juga! Saya pun siap nge-blog lagi dan kali ini saya lagi dalam mood untuk curhat soal ujian saya.
    Ini adalah pertama kalinya saya mendapatkan UAS di masa kuliah saya, karena kebetulan di universitas saya ini tidak ada mid-term exam atau sebagainya. Lucu rasanya karena saya masih inget masa-masa ujian SMA yang ternyata, tidak terasa, sudah setahun yang lalu. Biasanya, saat di sekolah, saya melakukan ujian di kelas kecil yang mungkin isinya hanya sekitar 20-30 murid. Kali ini saya harus melakukan ujian bersama 200-300 mahasiswa lainnya di hall yang sangat besar. Biasanya saya dulu juga selalu duduk di paling depan karena nama depan saya berabjad A (for Aluna), tapi karena disini yang dilihat nama belakang saya, S (for Sagita), akhirnya saya pun dapat merasakan duduk di belakang pada saat ujian. Hehe.
    Masa-masa ujian memang adalah masa-masa yang paling membuat stress, betul gak? (kalau ada yang merasa tidak, berarti ada yang “salah” dengan kalian :P). Mulai dari bahan pelajaran yang bikin pusing, kurang tidur, jam makan berantakan, ansos, tangan pegel, mata capek, plus otak panas. Memang sepertinya kalau lagi masa-masa ujian lebih banyak dukanya daripada sukanya.
    Jujur, ujian kali ini adalah salah satu ujian yang paling membuat saya panik karena saya telat menyadari betapa banyaknya materi ujian saya. Seperti yang mungkin kalian tau, bulan Maret-April kemarin saya sempat berlibur ke Jakarta. Niatnya sih saya mau sambil menyicil belajar sekalian kerja dan liburan. Tapi sepertinya saya terlalu menikmati masa-masa di Jakarta kemarin bersama keluarga dan teman-teman serta nyanyi + shooting di sana sini. Alhasil, niat saya pun tidak begitu terlaksana. Barulah saat saya kembali kesini kira-kira satu minggu sebelum exam, panik pun menyerang #panicattack.
    Bagaimana tidak? Ada tujuh mata pelajaran yang diujiankan, materi dari semester 1, hampir semua soal merupakan soal essay, dan juga, hampir semua pelajaran mengambil nilai ujian kali ini 100% untuk nilai akhir. Belum lagi, ini adalah pertama kalinya saya mendapat UAS di kampus baru saya di sini. Saya pun akhirnya mulai baca-baca dan belajar, bahkan hampir setiap hari saya mengurung diri di perpustakaan kampus. Mendadak menjadi nerd.
    Alhamdulillah, akhirnya ujian-ujian saya selesai juga. Waktu berlalu dengan sangat cepat dari satu exam ke exam lainnya dan tidak terasa, another challenge sudah saya lewati. Perasaan saat semua selesai ujian itu adalah salah satu perasaan yang paling saya sukai. Kepala rasanya 5 kg lebih ringan, napas juga rasanya lebih lega. Rasanya pun seperti ingin teriak, “YES, I’M FINALLY FREE!!!!”
    Saya juga selalu bersyukur setiap selesai ujian karena justru dengan adanya ujian-ujian ini, saya jadi lebih tau sudah sebanyak apa dan sejauh mana ilmu yang saya dapat selama ini. Banyak hal yang ternyata sudah bisa saya kuasai. Dan soal-soal di dalam ujian yang saya kesulitan untuk menjawab berarti seharusnya bisa saya pelajari lebih dalam lagi.
    Well, at least I’ve tried my best dan sekarang saya tinggal menunggu hasilnya. Fingers crossed!


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar